Penjarian

Kalau ingin cepat bisa main gitar tuh yang penting itu niat, bukan dari bakat lahir, kalo udah niat pasti bakalan gampang dah nguasainya. Jadi untuk mempermudah permainan gitar, kita harus didasari kemauan dan tekat, jangan cuma mau terima gampangnya aja. Kalo gitu langsung aja dah.


Penjarian adalah salah satu dasar bagi pemula dalam permainan gitar, penjarian itu semacam cara agar jari-jari kita dalam bermain gitar tidak kaku (melentikan jari kita), dalam bermain gitar apabila jari kita tidak kaku akan semakin baik.
Berikut adalah cara latihan penjarian.

Sebelumnya kita harus mengetahui istilah pada jari kiri kita (jika kidal kanan), kita anggap bahwa :
- Jari telunjuk = Jari 1
- Jari tengah = Jari 2
- Jari manis = Jari 3
- Jari kelingking = Jari 4

Yang anda harus lakukan adalah tekan dan petik fret 1 pada posisi Jari 1 di senar 1 kemudian diteruskan dengan fret 2 pada posisi Jari 2 di senar yang sama dengan posisi jari 1 tetap menempel pada posisi sebelumnya, lalu di teruskan lagi dengan fret 3 pada posisi Jari 3 di senar yang sama juga dengan posisi Jari 1 dan Jari 2 di posisi yang sama, dan diteruskan lagi oleh fret 4 di posisi Jari 4 di senar yang sama lagi dengan posisi Jari 1, Jari 2 dan Jari 3 di posisi yang sama. Yang harus dilatih adalah posisi-posisi jari sebelumnya jangan terlepas.

Setelah satu senar berhasi dikuasai lanjutkan pada senar berikutnya yaitu senar 2 dengan cara yang sama seperti senar 1 di atas. Kemudian lanjutkan lagi hingga senar 3, 4, 5 dan 6 berhasil. Lalu coba lakukan terbalik dari senar 6 - 5 - 4 - 3 - 2 - 1, lakukan hingga lancar jangan sampai ada nada yang tidak sempurna (tidak tertekan dengan baik).

Jika sudah bagus coba dengan penjarian menurun, tetap mulai dari senar 1 tetapi fret yang di petik di mulai dari fret 4 ke fret 3 ke fret 2 dan ke fret 1, baru ke senar 2 dimulai lagi dari fret 4 hingga fret 1 lagi, dan senar seterusnya. Jika sudah lancar coba lakukan dari senar 6 ke senar 1.

Apabila semua tahap sudah dikuasai, anda dapat melakukan improvisasi sendiri (improvisasi itu semacam inisiatif/fariasi permainan sendiri) seperti memainkan penjarian di fret-fret lainnya dengan teknik tersendiri dan sebagainya dah. Improvisasi penting juga lho untuk memperkuat feeling.

Bila penguasaan penjarian (fingering bahasa kerennya) sudah baik, ini akan memudahkan anda untuk mempelajari gitar ke tahap selanjutnya. Sekian tentang Penjarian semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Bila ada pertanyaan atau mungkin masukan-masukan silahkan koment aja.

Komentar