Chord

Chord salah satu bagian penting dalam bermain gitar. Chord banyak digunakan tapi biasanya digunakan untuk mengiring. Jika ada yang masih belum tahu apa itu chord, ini penjelasan singkat dari saya. Chord adalah rangkain dari 3 berbeda atau lebih yang membentuk nada selaras dan memiliki nada dasar. Nama lain dari chord adalah kunci, akor dll. Chord dasar jumlahnya ada 7 (A,B,C,D,E,F,G), dan nama chord memang disamakan dengan nada dasarnya, contohnya chord G memiliki nada dasar G. Ada 2 chord yang umum dan banyak digunakan, yaitu mayor (ditulis hanya chordnya saja) dan minor (ditulis m/min pada belakang chordnya), dan itulah yang akan saya bahas.

Chord Mayor

Agar mudah, Chord mayor kita sebut sebagai chord dasar, dan chord-chord lain hanya perubahan dari chord-chord mayor.


Sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa chord adalah gabungan 3 nada yang ada nada dasar. Berikut adalah chord dengan 3 nada tersebut dan nada dasarnya :
1. Chord A major (A) = 6 - 1½ - 3 atau A - C# - E atau la - do½ - mi
2. Chord B major (B) = 7 - 2½ - 4½ atau B - D# - F# atau si - re½ - fa½
3. Chord C major (C) = 1 - 3 - 5 atau C - E - G atau do - mi - sol
4. Chord D major (D) = 2 - 4½ - 6 atau D - F# - A atau re - fa½ - la
5. Chord E major (E) = 3 - 5½ - 7 atau E - G# - B atau mi - sol½ - si
6. Chord F major (F) = 4 - 6 - 1 atau F - A - C atau fa - la - do
7. Chord G major (G) = 5 - 7 - 2 atau G - B - D atau sol - si - re

Yang saya beri warna merah adalah nada dasar, dan lokasi nada dasar tersebut sudah saya kulas di entri "Tangga Nada" dan sisanya warna biru adalah nada lain dari chord tersebut yang barkaitan.

Chord Minor

Agar mudah, chord minor adalah salah satu perubahan dari chord mayor, dimana salah satu nadanya telah diturunkan ½. Nada yang manakah itu? Yang pasti bukan nada dasar (kecuali mereka yang sudah ahli menggunakan chord drop atau yang lainnya) dan nada yang turun itu adalah nada yang berada di tengah yang saya beri warna hijau dengan warna merah tetap sebagai nada dasar. Di bawah ini adalah nada mayor yang telah di turunkan (sudah jadi minor) :
1. Chord A major (A) = 6 - 1 - 3 atau A - C - E atau la - do - mi
2. Chord B major (B) = 7 - 2 - atau B - D - F# atau si - re - fa½
3. Chord C major (C) = 1 - - 5 atau C - D# - G atau do - re½ - sol
4. Chord D major (D) = 2 - 4 - 6 atau D - F - A atau re - fa - la
5. Chord E major (E) = 3 - 5 - 7 atau E - G - B atau mi - sol - si
6. Chord F major (F) = 4 - - 1 atau F - G# - C atau fa - sol½ - do
7. Chord G major (G) = 5 - - 2 atau G - A# - D atau sol - la½ - re



Yang harus anda latih adalah keefisiensian penggantian chordnya (cara tercepat menggganti chord). Pergantian chord juga tidak sembarangan, ada scale/jangkauannya juga. Pergantian dan jangkauan chordnya mungkin akan saya bahas di lain waktu.
 
Untuk info aja, ada juga jenis chord '7', yaitu perubahan chord berupa penurunan nada, tetapi nada yang diturunkan berbeda dengan yang minor. Semua chord bisa dijadikan '7', tetapi biasa hanya diterapkan untuk chord mayor dan minor yang akan menjadi mayor7 (ditulius hanya 7 saja dibelakang chordnya) dan minor7 (ditulis m7/min7 dibelakang chordnya). Sebenarnya chord itu fleksibel, jadi tergantung pemainnya, bahkan chord bisa kita ciptakan sendiri.

Bila ada pertanyaan atau mungkin masukan-masukan silahkan koment aja.

Komentar